LAPAN hadiri Sidang UNESCAP ke-75 di Bangkok
Penulis Berita: humas/Chris, Fotografer: humas/Chris, Tanggal: 29 May 2019

LAPAN menghadiri sidang UNESCAP (United Nations Economic and Social Commission) ke – 75 yang diselenggarakan di Kantor Regional PBB Wilayah Asia Pasifik, Thailand, Bangkok, 27 – 31 Mei 2019. Kepala LAPAN Prof Thomas Djamaluddin selaku Wakil Ketua pada komisi “ Disaster Risk Reduction”melaporkan hasil ministerial conference ke 3 yang membahas tentang pemanfaatan teknologi ruang angkasa untuk pembangunan berkelanjutan di Asia Pasifik.

Indonesia saat ini melalui LAPAN telah mencanangkan pemanfaatan teknologi keantariksaan untuk mencapai target tujuan pembangunan yang berkelanjutan (Sustainable Development Goals / SDGs). Dalam acara ini Kepala LAPAN juga menjadi panelis dalam sesi “Community Empowerment And Participatory Policy Planning To Reduce Tsunami And Water Related Disaster Risk” yang membahas mengenai penyusunan perencanaan kebijakan untuk mengurangi dampak bencana tsunami dan air.

LAPAN juga turut berdiskusi saat Negara Bangladesh memaparkan mengenai upaya dan tindakan yang telah dilakukan untuk mencapai tujuan berkelanjutan di negara tersebut. Dalam sela-sela sidang ini, LAPAN juga membahas capaian dan program kerjanya untuk mendukung serta berkontribusi dalam program-program UNESCAP ketika bertemu dengan executive secretary UNESCAP, Armida Salsiah Aliajahbana dan jajarannya. 

Dalam acara ini, LAPAN turut hadir dalam pertemuan multilateral bersama UNITAR-UNOSAT (United Nations Institute for Training and Research), GISTDA (Geo-Informatics and Space Technology Development Agency),MGA (Multi-GNSS Asia), dan perguruan tinggi CUHK (The Chinese University of Hong Kong). Pada pertemuan ini LAPAN membahas mengenai implementasi dan tindak lanjut dari rencana aksi program keantariksaan 2018-2030, hal ini sejalan dengan Indonesia yang dipercaya menjadi co-sponsor untuk deklarasi menteri tentang pemanfaatan antariksa untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan di Asia Pasifik.

UNESCAP merupakan Komisi ekonomi dan social PBB untuk Asia dan Pasifik merupakan forum pembangunan kerja sama kawasan untuk membantu negara anggota dalam membangun dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan sosial