Kompetensi Utama

Layanan


Peneliti LAPAN Sebut Fenomena '4 Matahari' yang Viral Langka
Penulis : Mochamad Zacky • Media : detik.com • 11 Oct 2018 • Dibaca : 374 x ,

Jakarta - Penampakan matahari yang seolah-olah ada empat seperti di video viral adalah fenomena sun dog. Peneliti dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) menyebut fenomena ini langka.

"Ini termasuk yang langka, ya. Langka bisa sejelas itu. Makanya masyarakat kelihatan di video itu kaget, heboh, karena mataharinya kelihatan banyak. Dan mereka belum tercerahkan tentang sun dog ini," kata Peneliti Sains Atmosfer Lapan, Erma Yulihastin, saat dihubungi detikcom, Kamis (11/10/2018).

Baca juga: Heboh Muncul '4 Matahari' di Kepri, Fenomena Apa yang Terjadi?

Erma menjelaskan fenomena sun dog di Indonesia hanya terjadi pada musim kemarau. Sebab, sun dog bisa muncul saat sinar matahari menerobos awan sirus, dan awan sirus biasanya terbentuk di langit Indonesia saat kemarau.

"Awan sirusnya sendiri awan musim kemarau, bisa dikatakan seperti itu. Kenapa? Karena di musim kemarau itu kan minim uap, ya, minim uap air yang hangat. Yang terjadi, pembentukan awan tidak terlalu masih," papar Erma.

Baca juga: Kota Solo Lagi Panas Banget, Suhunya Capai 37 Derajat Celsius

Sebelumnya, sebuah video penampakan matahari viral di media sosial. Matahari sebagaimana dalam video tersebut seakan-akan tidak hanya satu, tapi terlihat ada di beberapa titik.

Dalam video, tampak warga heboh menatap langit. Tak sedikit warga yang juga mengabadikan fenomena matahari yang seolah-olah ada empat itu.












Sumber : https://news.detik.com/berita/4252382/peneliti-lapan-sebut-fenomena-4-matahari-yang-viral-langka








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2018 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL