Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN dan Universitas Prasetiya Mulya Kerja Sama Penguatan SDM
Penulis Berita : Humas/Iman • Fotografer : Humas/Iman • 06 Oct 2018 • Dibaca : 767 x ,

Sesma LAPAN, Prof. Dr. Erna Sri Adiningsih dan Rektor UPM, Prof. Dr. Djisman. S. Simandjuntak menunjukkan naskah MoU kedua pihak, usai pelaksanaan seremonial penandatanganan.

Jumat (5/10), berlangsung seremonial penandatanganan naskah kerja sama antara LAPAN dengan Universitas Prasetiya Mulya (UPM) di Gedung PMBS UPM Bumi Serpong Damai, Tangerang. Naskah Nota Kesepahaman tersebut ditandatangani Kepala LAPAN, yang diwakili Sekretaris Utama, Prof. Dr. Erna Sri Adiningsih, dengan Rektor, Prof. Dr. Djisman. S. Simandjuntak. Acara ini dihadiri jajaran pejabat struktural di lingkungan kedua pihak.

Substansi kerja sama mencakup penelitian, pengembangan, dan pemanfaatan sains dan teknologi penerbangan dan antariksa. Pada kesempatan ini, Erna memaparkan materi pengenalan tentang tugas, fungsi, dan kompetensi LAPAN. Dijelaskannya, LAPAN sebagai lembaga pemerintah non kementerian terus berupaya untuk mempercepat pencapaian kemandirian. Programnya bukan hanya terkait aspek teknis namun juga aspek non teknis (soft science), antara lain masalah kebijakan dan hukum. “Jalinan kerja sama ini merupakan salah satu upaya untuk mempercepat dalam mencapai penyiapan bahan kebijakan pemerintah untuk mengantisipasi masa depan keantariksaan,” jelasnya.

Sementara itu, Rektor UPM mengatakan, penandatanganan naskah kerja sama ini merupakan kegiatan yang sangat baik. “Nantinya, kerja sama ini akan menghasilkan pertukaran ilmu pengetahuan dari kedua instansi,” ujarnya. Menurutnya, LAPAN merupakan wadah di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi keantariksaan. Maka, ia berharap, LAPAN dapat membantu pihaknya dalam hal pembelajaran yang tidak hanya berbasis pada buku semata. Ia mengistilahkan, dengan itu, proses pembelajaran di kampus UPM mempunyai learning catalytics yang lebih baik. Ia juga berharap, jalinan ini akan memberikan kemajuan yang positif bagi bangsa dan negara.

Sebagai implementasi dari kerja sama tersebut, kedua instansi sepakat, hasilnya ditujukan untuk memperkuat kualitas sumber daya manusia. Untuk itu, dalam momentum yang sama, sekaligus ditandatangani naskah Perjanjian Kerja Sama (PKS). Naskah tersebut ditandatangani oleh Kepala Pusat Kajian Kebijakan Penerbangan dan Antariksa (KKPA), Dr. Robertus Heru Triharjanto dengan Dekan Sekolah Bisnis dan Ekonomi UPM, Prof. Agus W. Soehadi.

Pada kesempatan ini pula, Kepala Pusat KKPA memaparkan mengenai aspek ekonomi dan hukum sebagai bagian dari kajian space economy. Ia berharap juga, akan ada kolaborasi penelitian bersama dalam hal kajian kegiatan kentariksaan, serta diseminasi hasil penelitian.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2018 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL