Kompetensi Utama

Layanan


Bimbingan Komunikasi Satelit LAPAN A2/LAPAN-ORARI
Penulis Berita : humas/end • Fotografer : humas/end • 29 Sep 2018 • Dibaca : 1769 x ,

Foto bersama Peserta Bimtek Komunikasi Satelit LAPAN A2

Satelit LAPAN-A2/LAPAN-ORARI (IO-86), satelit generasi ke-2 buatan anak bangsa, genap memasuki usia tiga tahun di orbit sejak peluncuran pada 28 September 2015. Untuk memperingatinya, LAPAN Bekerja sama dengan Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) menyelenggarakan kegiatan “Bimbingan Komunikasi Melalui Satelit LAPAN-A2/LAPAN-ORARI (IO-86) dengan Radio Genggam” yang bertempat di Pusat Teknologi Satelit-LAPAN, 29, September 2018. Acara tersebut sekaligus memperingati HUT Satelit LAPAN-A2/LAPAN-ORARI (IO86) ke-3 serta HUT LAPAN ke-55.

Bimtek ini bertujuan menjadi ajang implementasi gelombang radio dan frekuensi yang selama ini agak sukar dibuktikan, dan membuktikan teori fisika, elektronik maupun komunikasi, dengan cara merakit suatu antena dan di uji cobakan ke satelit buatan anak bangsa yaitu Satelit LAPAN-A2 LAPAN –ORARI atau yang disebut IO-86.

Dalam acara tersebut turut hadir Kepala Pusat Teknologi Satelit Ir. Mujtahid MT, Presiden AMSAT-ID Hakim Satar, Kepala Bidang Deseminasi Pusteksat Wahyudi Hasbi S.Si, M.Kom, Moch Ichsan serta anggota ORARI dan para peserta bimtek dari berbagai universitas. Moch. Ichsan sebagai ketua panitia, dalam laporannya bahwa peserta yang hadir sebanyak 80 orang terdiri dari para mahasiswa, anggota ORARI serta masyarakat umum “Antusias masyarakat cukup tinggi lantaran membludaknya calon peserta yang ingin mengikuti bimtek ini, sampai ada peserta yang waiting list “ ujarnya.

Kepala Pusat Teknologi Satelit Ir. Mujtahid MT dalam sambutannya sekaligus pembukaanya menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada peserta bisa mengikuti acara Bimtek hari ini semoga acara ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin serta bisa menambah wawasan tentang teknik komunikasi satelit dengan radio genggam, sekaligus pemotongan kue dalam rangka HUT satelit LAPAN-A2/LAPAN-ORARI ( IO-86) ke 3.

Sebelumnya presiden AMSAT-ID Hakim Sater dalam sambutannya menyapaikan terima kasih bisa hadir pada acara hari ini besar harapan acara ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya, perlu di ketahui saat ini Satelit IO-86 di gunakan dalam komunikasi kebencanaan gempa di Palu Sulawesi Tengah jadi dalam acara praktik kita hanya bisa mendengarkan laporan dari Palu tentang keadaan bencana di sana.

Dalam acara pengenalan Teknologi Satelit Kabid Diseminasi Pusteksat menjelaskan tentang sejarah satelit hingga saat ini serta di gunakan dalam kehidupan sehari-hari, komunikasi, prediksi cuaca, pemetaan, navigasi, pertanian, pertambangan serta penelitian-penelitian ruang angkasa serta di jelaskan juga hasil penelitian dan pengembangan di Pusat Teknologi Satelit yaitu Satelit LAPAN-A1/LAPAN-TUBSat, LAPAN-A2/LAPAN-ORARI, LAPAN-A3/LAPAN-IPB yang sudah meluncur dan menghasilkan data yang bisa digunakan kepada masyarakat yaitu berupa data gambar Satelit, data AIS, Magnetometer dan lain sebagainya. Di akhir acara, beliau juga menjelaskan rencana kedepan untuk meluncurkan satelit LAPAN-A4 dan satelit LAPAN-A5.

Acara ini dilanjutkan dengan pengenalan Automatic Position Reporting System (APRS) yang disampaikan oleh Sonny Dwi Harsono Peneliti Pusteksat, dan diahiri dengan penyampaian pengenalan ORARI serta praktik pembuatan antena yang di sampaikan oleh Yono Adisoemarta serta tim ORARI yang menjelaskan tentang sejarah ORARI dan aktivitas hingga saat ini dan dilanjutkan dengan workshop pembuatan antena yang sekaligus dipraktikan dalam komunikasi terhadap satelit IO-86.

Diahiri penghujung acara para peserta berkesempatan melihat fasilitas yang di gunakan dalam pembuatan satelit ke ruang Assembly, integration and test (AIT) dan pengendalian Satelit di gedung gedung Mission Control Centre (MCC).

Dengan terselenggaranya bimtek ini diharapkan teknologi satelit yang selama ini sulit di pahami, dengan sangat mudah di mengerti serta menambah ilmu pengetahuan tentang Penerbangan dan Antariksa.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2018 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL