Kompetensi Utama

Layanan


“ASIAN TRY ZERO-G RESULT MEETING” TELECONFERENCE DI LAPAN
27 Jul 2018 • Dibaca : 526 x ,

Asian Try Zero-G 2018 (ATZG) adalah program edukasi bagi para pelajar, khususnya di wilayah Asia Pasifik, untuk mengajukan proposal eksperimen sederhana dengan tujuan mempromosikan kegiatan percobaan ruang angkasa berawak di Kibo.

Setelah melalui proses seleksi oleh lembaga dari masing-masing negara anggota KIBO ABC dan penilaian kelayakan oleh JAXA, astronot di ISS (International Space Station) mendemonstrasikan eksperimen tersebut di dalam wahana ISS di antariksa. Kegiatan ini dilaksanakan oleh negara-negara anggota KIBO-ABC (Asian Beneficial Collaboration through "Kibo" Utilization) yang bernaung di bawah Space Environment Utilization Working Group (SEUWG) dalam Asia-Pacific Regional Space Agency Forum (APRSAF). Indonesia dalam hal ini diwakili oleh Pusat Sains Antariksa LAPAN.

Sehubungan dengan telah terpilihnya salah satu proposal eksperimen dari Indonesia untuk didemostrasikan oleh Astronot JAXA, Norishige Kanai, Pussainsa menyelenggarakan teleconference ASIAN TRY ZERO-G RESULT MEETING yang dikoordinasikan oleh JAXA bersama dengan negara anggota KIBO-ABC lainnya. Tujuan dari teleconference ini adalah sebagai tindak lanjut dan evaluasi dari pelaksanaan ATZG 2018, dan untuk meningkatkan pelaksanaan Asian Try Zero-G berikutnya. 

Teleconference Asian Try Zero-G Result Meeting diadakan hari Jumat, 27 Juli 2018 di Kantor Pussainsa LAPAN Bandun, melalui tele-conference, yang akan dihadiri oleh Astronot JAXA, Norishige Kanai, para pengaju proposal terpilih beserta lembaga perwakilannya dari negara-negara KIBO-ABC, yaitu Thailand, Malaysia, Vietnam, Filipina, Singapura, dan Indonesia. Pihak LAPAN mengundang pelajar SMA di sekitar kantor LAPAN, yaitu SMK Trimulya, dan dihadiri secara jarak jauh oleh SMAN 1 BATAM yang merupakan sekolah pengaju proposal terpilih dari Indonesia. Dengan kegiatan ini para pelajar diharapkan semakin tertarik akan sains antariksa.








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2018 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL