Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Gelar Pelatihan Komunikasi Radio
23 Jul 2018 • Dibaca : 744 x ,

LAPAN menyelenggarakan Pelatihan Bimbingan Teknis Manajemen Frekuensi dan Teknis Komunikasi Radio pada 24 -26 Juli 2018 di Gedung Serba Guna Indriya Bhuwana, Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh (Pustekdata) LAPAN, Jalan Lapan no. 70, Pasar Rebo, Jakarta Timur. Acara akan dibuka pada Selasa , 24 Juli 2018 pukul 08.00 WIB, oleh Kepala Bidang Diseminasi Pusat Sains Antariksa dan Koordinator pelatihan MFTKR Tingkat Dasar 2018. 

Bimbingan teknis ini bertujuan untuk meningkatkan pemanfaatan dan menyebarluaskan informasi litbang Ionosfer dan propagasi gelombang radio untuk operator komunikasi radio di seluruh Indonesia. Selain itu juga untuk meningkatkan kemampuan dan menambah wawasan operator komunikasi radio di lingkungan pemerintah daerah, TNI, dan kepolisian di seluruh Indonesia. Kegiatan ini juga untuk menambah jumlah sumber daya manusia yang melek telekomunikasi dan informasi.

Pelatihan akan dihadiri oleh 35 peserta dari berbagai pemerintah daerah, TNI, Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta kepolisian. Materi yang akan disampaikan terdiri dari teori dan simualasi tentang urgensi komunikasi radio, Ionosfer dan propagasi, prediksi frekuensi dan simulasi perencanaan kanal, prediksi base to base, mitigasi gangguan cuaca antariksa, pembangunan sistem komunikasi radio, perancangan antena dan simulasi pemasangan, manajemen perawatan dan simulasi, telaah perkembangan teknologi radio, serta pembangunan sistem komunikasi data dengan radio SSB dan Software siskomdat. 



Jakarta, 23 Juli 2018








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2018 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL