Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Masuk Nominasi Sinta Award 2018
Penulis Berita : Humas/And • Fotografer : Humas/And • 05 Jul 2018 • Dibaca : 631 x ,

Menristekdikti saat membuka Sinta Award.

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti) untuk pertama kalinya menyelenggarakan Sinta Award 2018. Kegiatan berlangsung di Auditorium Gedung D Kantor Kemenistekdikti, Senayan, Jakarta, Rabu (04/07). Di dalam penganugerahan ini, LAPAN terpilih sebagai nomine urutan ke-4 dari 5 nomine yang masuk dalam Penghargaan Sinta bagi Institusi dengan Produktivitas Publikasi Tertinggi Kategori Lembaga Penelitian Non Perguruan Tinggi. 

Sinta Awards diawali dengan re-launching empat program unggulan, yaitu Sinta itu sendiri, Akreditasi Jurnal Nasional (Arjuna), Garda Rujukan Digital (Garuda), dan Rumah Jurnal Keilmuan Indonesia (Rujukan). Dalam acara tersebut diserahkan bantuan hibah, serta insentif publikasi dan jurnal yang terbagi ke dalam sembilan kategori. Acara diakhiri dengan pengumuman sekaligus penyerahan Sinta Awards kepada institusi, penulis, dan pengelola jurnal yang diklasifikasikan ke dalam 20 kategori.

Dalam laporannya, Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti, Muhammad Dimyati menyampaikan, Sinta Award digagas untuk memberikan apresiasi kepada dosen, peneliti, institusi, dan jurnal yang telah menunjukkan prestasi yang nyata dalam peningkatan publikasi dan jurnal ilmiah. 

Menurutnya, publikasi khususnya jurnal ilmiah adalah salah satu wahana untuk mendiseminasikan hasil penelitian sehingga dapat dikenal secara luas. Sinta atau Science and Technology Index hadir sebagai sistem informasi untuk menjawab suatu tantangan di bidang publikasi. 

Dalam sambutannya, Menteri Ristekdikti, Mohamad Nasir menyampaikan, “aplikasi elektronik ini dibangun untuk memudahkan pendataan publikasi dan karya ilmiah lainnya sehingga dapat diukur kinerjanya.” 

Sinta diluncurkan secara resmi pada 29 Januari 2017 di Yogyakarta. Di usia ke-505 hari, Sinta ingin memperlihatkan reputasinya dengan memberikan penghargaan Sinta Awards sebagai pemacu kinerja insan pegiat publikasi dan karya ilmiah. 

LAPAN baru mendaftarkan dua Jurnal ke aplikasi Sinta, yaitu Jurnal Sains Dirgantara (JSD) dan International Journal of Remote Sensing and Earth Sciences (IJReSES) pada 08 Mei 2018. “Harapannya, dua jurnal lainnya bisa segera diinput ke dalam aplikasi tersebut, dan bahkan LAPAN bisa membangun jurnal-jurnal lainnya untuk memacu semangat para periset bidang penerbangan dan antariksa dalam menghasilkan karya tulisan,” ujar Kepala Bagian Hubungan Masyarakat LAPAN, Jasyanto.

Pemberian penghargaan Sinta Awards dihadiri juga oleh Sekretaris Utama LAPAN, Prof. Dr. Erna Sri Adiningsih. Ia berharap, dengan masuknya LAPAN menjadi nomine dalam acara Sinta Awards ini bisa menjadi pemacu bagi para penulis karya ilmiah LAPAN untuk berkontribusi terhadap kemajuan program dan kegiatan LAPAN.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2018 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL