Kompetensi Utama

Layanan


Kerja Sama LAPAN-Nias Utara: Hasil Litbang Harus Dirasakan Sampai ke Pelosok Negeri
Penulis Berita : Humas/Sgd • Fotografer : Humas/Sgd • 04 Jul 2018 • Dibaca : 3740 x ,

Bupati Nias Utara dan Deputi Bidang Penginderaan Jauh LAPAN menunjukkan naskah kerja sama yang telah ditandatangani.

Sebagai lembaga pemerintah di bidang keantariksaan, LAPAN wajib menghasilkan produk litbang yang berguna bagi masyarakat Indonesia. Pemanfaatan iptek penerbangan dan antariksa bisa dirasakan oleh pemerintah daerah yang tersebar dari Sabang sampai Merauke, Miangas hingga Rote. 

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Utama LAPAN, Prof. Dr. Erna Sri Adiningsih, saat memberi sambutan dalam penandatanganan naskah kerja sama antara LAPAN dan Kabupaten Nias Utara. Naskah ditandatangani oleh Deputi Bidang Penginderaan Jauh LAPAN, Dr. Orbita Roswintiarti, dan Bupati Nias Utara, M. Ingati Nazara di Kantor Pusat LAPAN, Rabu (4/7).

Erna mengatakan bahwa, penandatanganan naskah kerja sama ini merupakan langkah awal bagi LAPAN dan Pemerintah Kabupaten Nias Utara untuk memanfaatkan litbang penerbangan dan antariksa, khususnya penginderaan jauh.

Bupati Nias Utara juga memaparkan Pulau Nias memiliki potensi di sektor pariwisata dan perikanan. “Presiden RI, Joko Widodo, saat berkunjung ke Nias mengatakan hal tersebut. Ia juga berharap agar sektor-sektor tersebut dikembangkan. Untuk itu, salah satu upayanya yaitu menggandeng LAPAN agar dapat memaksimalkan potensi dan hasilnya,” ujar Ingati.

Dalam acara penandatanganan naskah kerja sama tersebut, Deputi Bidang Penginderaan Jauh LAPAN, memberikan paparan mengenai penginderaan jauh dan struktur organisasi LAPAN. Orbita juga menjelaskan bahwa LAPAN menyediakan fasilitas bimbingan teknis (bimtek), sistem akuisisi, Sistem Pemantauan Bumi Provinsi (SPBP), pengolahan dan pengelolaan data citra satelit, katalog data, Sistem Informasi untuk Mitigasi Bencana (SIMBA), dan Sistem Informasi Sumber Daya Alam dan Lingkungan (SIPANDA). Orbita berharap, kerja sama kedua pihak dapat saling memperkuat riset khususnya di bidang penginderaan jauh.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2018 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL