Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN dan UI Kerja Sama Tingkatkan Inovasi
Penulis Berita : Humas/Meg • Fotografer : Humas/Meg • 11 Jan 2018 • Dibaca : 2646 x ,

Rektor Universitas Indonesia dan Kepala LAPAN berjabat tangan setelah menandatangani naskah kerja sama.

LAPAN dan Universitas Indonesia (UI) menandatangani naskah kerja sama. Nota kesepahaman ditandatangani oleh Kepala LAPAN, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin dan Rektor UI, Prof. Dr. Muhammad Anis di Hall Laboratorium Riset Multidisiplin Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UI, Depok, (11/1). Kerja sama kedua instansi terkait pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, serta pengembangan dan pemanfaatan sains dan teknologi penerbangan dan antariksa.

Dalam kerja sama ini, ruang lingkup kerja sama terkait berbagai penelitian utama yang dilaksanakan oleh LAPAN. Kegiatan tersebut yaitu penelitian, pengembangan, dan pemanfaatan teknologi penginderaan jauh, sains antariksa dan atmosfer, dan teknologi penerbangan. Selain itu, kerja sama ini juga meliputi peningkatan kapasitas sumber daya manusia, pertukaran tenaga ahli, serta diseminasi dan publikasi ilmiah.

Penandatanganan naskah kerja sama kedua instansi dilaksanakan dalam rangkaian Dies Natalis FMIPA UI yang ke-57. Dalam acara tersebut, juga ditandatangai perjanjian kerja sama antara LAPAN dengan FMIPA dan Fakultas Teknik UI.

Perjanjian kerja sama antara LAPAN dengan FMIPA ditandatangani oleh Deputi Bidang Penginderaan Jauh LAPAN, Dr. Orbita Roswintiarti dan Dekan FMIPA UI, Dr. rer.nat. Abdul Haris. Kerja sama tersebut terkait pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi data dan pemanfaatan penginderaan jauh untuk pemantauan sumber daya alam dan lingkungan. Ruang lingkup kerja sama dengan FMIPA ini mencakup pengembangan perolehan, pengolahan, pengelolaan, dan pemanfaatan penginderaan jauh.

Sementara itu, perjanjian kerja sama antara LAPAN dan Fakultas Teknik ditandatangani oleh Deputi Bidang Teknologi Penerbangan dan Antariksa LAPAN, Dr. Rika Andiarti dan Dekan Fakultas Teknik UI Dr. Hendri Dwi Saptioratri Budiono. Kerja sama dengan Fakultas Teknik terkait dengan penelitian dan pengembangan teknologi penerbangan dan satelit untuk pemantauan sumber daya alam dan lingkungan.

Penelitian dan pengembangan teknologi penerbangan yang menjadi lingkup kerja sama ini yaitu desain pesawat terbang, pesawat tanpa awak, sub sistem kendali, komunikasi, aerostruktur, dan Maritime Surveillance System (MSS) atau sistem pemantauan berbasis maritim. Selain itu, kerja sama ini juga mengakomodasi pengembangan aplikasi untuk pesawat tanpa awak dan laboratorium penerbangan. Kerja sama tersebut juga dalam upaya penelitian dan pengembangan teknologi satelit serta pengolahan dan aplikasi data satelit.

Kerja sama dengan kedua fakultas di UI tersebut selain untuk penelitian bersama, juga mencakup pembimbingan mahasiswa dan untuk pelaksanaan program pendidikan S-2 dan S-3 berbasis riset. Kerja sama antara LAPAN dengan UI, menurut Dekan FMIPA, merupakan upaya untuk meningkatkan sumber daya manusia dalam bidang sains dan teknologi guna mendukung inovasi. Dengan adanya kerja sama ini, UI membuat inovasi di bidang akademik dengan adanya program pendidikan master by research dan doctor by research.

Rektor UI menambahkan, kerja sama tersebut merupakan upaya untuk memperkuat networking (jejaring) dan meningkatkan kompetensi para dosen. Tujuannya yaitu untuk menghasilkan produk riset dan inovasi untuk menjawab permasalahan-permasalahan dalam kegiatan bangsa dan negara.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2018 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL