Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Sosialisasikan Hasil Litbang kepada Guru-guru SMA Negeri 21 Jakarta
Penulis Berita : Humas/Riri • Fotografer : Humas/Riri • 05 Dec 2017 • Dibaca : 331 x ,

Suasana paparan tentang hasil litbang LAPAN dan pelatihan teropong bintang di hadapan guru SMA Negeri 21 Jakarta

Sebanyak 75 guru hadir dalam kegiatan sosialisasi hasil litbang LAPAN dan pelatihan Teropong Bintang di SMA Negeri 21 Jakarta, Selasa (05/12). Acara ini merupakan kerja sama LAPAN dengan Lembaga Pendidikan Indonesia – Amerika (LPIA) Utan Kayu.

Kepala Sekolah SMA Negeri 21 Jakarta, Taga Radja Gah membuka acara dan menyampaikan harapannya terhadap kegiatan ini. Ia berharap, agar informasi yang disampaikan LAPAN dapat menjadi ilmu baru bagi guru- guru dengan latar belakang pendidikan yang bervariasi.

Selanjutnya Kepala Bagian Humas, Jasyanto memaparkan Hasil Litbang LAPAN dan capaiannya sampai tahun 2017. Ia juga mengenalkan salah satu produk LAPAN yang siap dihilirisasi yang kini sedang menjadi pemberitaan hangat. Produk tersebut Pesawat N219, yang baru saja resmi diberi nama Nurtanio oleh Presiden Joko Widodo pada 10 November 2017 di Lapangan Udara Halim Perdanakusumah, Jakarta.

Pemaparan selanjutnya penggunaan teleskop lunt untuk pengamatan matahari dan bulan oleh Kepala Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer Sumedang (LAPAN Sumedang), Aries Kurniawan. Ia memulai pemaparan dengan menjelaskan sejarah teleskop, jenis teleskop seperti teleskop lunt dan teleskop C11, serta hasil pengamatannya.

Mengenai Teleskop Lunt, LAPAN Sumedang telah menggunakannya untuk pengamatan Gerhana Matahari Total tahun 2016. Sedangkan Teleskop C11 untuk pengamatan Planet Saturnus.

Para guru ini pun sangat antusias memperhatikan penjelasan narasumber. Tidak sedikit yang mengajukan pertanyaan terkait paparan materi tersebut.

Untuk itu, Taga merasa bahwa sosialisasi tersebut sangat tepat sasaran karena memberikan pencerahan dan membuka pengetahuan bagi tenaga pengajar di lingkungan sekolahnya. Menurutnya, teknologi penerbangan dan antariksa sangat penting. Materi tersebut bisa menjadi bekalnya mengajar murid-murid.

Kegiatan ini akan ditindaklanjuti dengan berkunjung ke LAPAN Sumedang pada tanggal 9 Desember mendatang. Mereka akan mempraktikkan secara langsung penggunaan teleskop yang dimiliki LAPAN. Selain itu, mereka juga akan mengikuti pelatihan pembuatan roket air pada Januari 2018.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL