Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Debate Competition, Strategi Peningkatan Edukasi Keantariksaan Generasi Muda
20 Nov 2017 • Dibaca : 575 x ,

LAPAN Debate Competition kembali digelar LAPAN pada tanggal 21 - 22 November 2017 di Kantor LAPAN Pusat, Jalan Pemuda Persil Nomor 1 Rawamangun, Jakarta Timur. Dengan tahapan, pelaksanaan Semifinal (21 November) dan Final (22 November).

Kompetisi kali ini bertemakan “Satellite Technology Mastery to Conquer The World” dan diikuti oleh peserta dengan latar belakang pelajar SMA/SMK di seluruh Indonesia. Konsep debat disampaikan menggunakan bahasa inggris.

Kegiatan ini untuk mendorong peningkatan generasi muda yang cinta bidang keantariksaan. Langkah ini diharapkan menjadi pondasi awal dalam menjaring minat generasi muda yang maju, dengan kemampuan menyerap perkembangan teknologi secara cepat dan tepat. Bahasa Inggris adalah bahasa Internasional, yang perlu dipelajari dan dikuasai dalam kegiatan pembelajaran.

Debat menjadi rangkaian program edukasi keantariksaan yang dibangun LAPAN untuk menginspirasi masyarakat Indonesia. Motivasinya untuk memperdalam wawasan tentang pentingnya pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi keantariksaan demi kemajuan dan kemakmuran bangsa Indonesia.

Penguasaan teknologi satelit sudah menjadi keharusan dimiliki setiap bangsa. Dengan menguasainya, bangsa ini menjadi lebih beradab di mata negara-negara di dunia. Kita ketahui, berbagai macam aplikasi teknologi keantariksaan, khususnya satelit bermanfaat untuk berbagai sektor, antara lain komunikasi, transportasi, keperluan dunia usaha, perbankan, eskplorasi sumber daya mineral dan geologi, pertahanan keamanan, pertanian, dan mitigasi bencana alam. Contoh pemanfaatannya untuk berkomunikasi jarak jauh, pemantauan iklim dan cuaca, mitigasi bencana, dan sebagainya.

Hasil pelaksanaan kompetisi ini menjadi salah satu media layanan LAPAN dalam menumbuhkan generasi muda yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi antariksa. Sebab, teknologi antariksa kerap dijadikan barometer kemajuan bangsa. Nilai tambahnya, negara yang menguasai teknologi tersebut akan disegani oleh bangsa-bangsa di dunia.



Jakarta, 20 November 2017








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL