Kompetensi Utama

Layanan


FSA sebagai Media Edukasi Keantariksaan ke Generasi Muda
04 Oct 2017 • Dibaca : 2727 x ,

Puncak kegiatan tahunan internasional World Space Week yang diperingati LAPAN akan berlangsung Sabtu (07/10), di Kantor Pusat Sains Antariksa LAPAN Jl. Djundjunan No. 133 Bandung, Jawa Barat. Kegiatan yang serempak dirayakan seluruh masyarakat dunia setiap 4-10 Oktober kali ini mengusung tema “Exploring new Worlds in Space” yang fokus pada eksplorasi manusia dan robot dunia baru di luar angkasa.

Potensi eksplorasi antariksa tidak akan berakhir! Langit bukanlah batas, maka akan banyak keajaiban penemuan manusia. Festival Sains Antariksa 2017 menginspirasi dunia tentang gagasan penjelajahan kehidupan baru di luar angkasa. Pemahaman tersebut untuk membuka kesadaran manusia mempelajari dan mengembangkan pengetahuan lebih luas melalui pemanfaatan teknologi ruang angkasa dan aplikasinya.

Pesan moral yang dikontribusikan LAPAN disampaikan melalui kegiatan sosialisasi hasil litbang keantariksaan kepada masyarakat, khususnya kalangan pendidikan. LAPAN mendukung momentum yang dideklarasikan PBB tersebut untuk menambah wawasan dan pengetahuan masyarakat tentang alam semesta.

Berbagai jenis kegiatan edukasi keantariksaan diselenggarakan untuk menjaring minat pelajar SD, SMP, dan SMA. Rangkaian kegiatan diawali dengan lomba fotografi yang dibagi dalam dua kategori tema yaitu Hilal dan Keantariksaan. Pemenangnya akan diumumkan pada puncak perayaan tersebut.

Tak hanya itu! Pada momentum ini juga akan diumumkan pemenang proposal Try Zero G dari Indonesia. Hasil eksperimennya akan diuji coba di KIBO, sebuah modul eksperimen antariksa Jepang yang berada di Stasiun Ruang Angkasa (International Space Station, ISS).

Puncak acara juga disemarakkan dengan penyelenggaraan Lomba Mewarnai dan Eksplorasi Kata Antariksa, serta berbagai jenis kuis. LAPAN juga melayani masyarakat umum untuk berpartisipasi dalam ceramah umum dan pameran sains. Ceramah umum akan menghadirkan Pembicara Prof. Dr Pratiwi Sudarmono, ilmuwan bidang mirkobiologi yang pernah menjadi bagian dari misi Wahana Antariksa NASA STS-61-H sebagai spesialis muatan.

Kilas balik dicetuskannya World Space Week ditujukan untuk memperingati beberapa peristiwa penting tentang kemajuan teknologi keantariksaan. Tanggal 4 Oktober 1957 terjadi peluncuran satelit pertama buatan yaitu Sputnik 1 yang membuka jalan eksplorasi antariksa. Selanjutnya, 10 Oktober 1967 sebagai peristiwa panandatanganan Kesepakatan Prinsip Pengaturan Aktivitas Negara-Negara dalam eksplorasi dan penggunaan damai angkasa luar, termasuk bulan dan benda langit lainnya.

Jakarta, 04 Oktober 2017









Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL