Kompetensi Utama

Layanan


Kerja Sama LAPAN-Pushidrosal Majukan Maritim Indonesia
Penulis Berita : Humas/AP • Fotografer : Huma/AP • 31 Aug 2017 • Dibaca : 26911 x ,

Sesma LAPAN, I.L. Arisdiyo dan Kapushidrosal, Laksda TNI Harjo Susmoro menunjukkan naskah PKS yang usai ditandatangani, disaksikan KASAL, Laksamana TNI Ade Supandi.

Kamis (31/8), berlangsung acara penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara LAPAN dengan Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal). Acara penandatanganan tersebut berada dalam rangkaian acara Seminar Internasional Hari Hidrografi Dunia 2017. Kegiatan yang diselenggarakan Pushidrosal ini bertemakan “Mapping Our Seas, Oceans, and Waterways: More Important Than Ever”.

Dalam acara yang diselenggarakan di Hotel Mercure Convention Centre, Ancol, Jakarta Utara ini, Kepala Pushidrosal, Laksda TNI Harjo Susmoro menyambut kehadiran tamu undangan. Mereka adalah Kepala Staff Angkatan Laut (KASAL), Laksamana TNI Ade Supandi, Sekretaris Utama LAPAN, I.L. Arisdiyo, Kepala BIG, Hasanuddin Z. Abidin, Councilor on the Ocean Development MEXT, Jepang, Shin Tani, Head of Partnering and Engagement (Asia Pacific) of United Kingdom Hydrographic Office, Jammie McMichael-Phillips, serta pejabat dari mitra kerja lainnya.

Acara dilanjutkan dengan pembukaan (keynote speech) oleh KASAL. Dalam pidatonya, Laksamana TNI Ade Supandi menyatakan, pemetaan laut, sungai, dan perairan Indonesia sangat penting untuk memajukan kemaritiman Indonesia. “Delapan puluh persen pengiriman dilakukan melalui laut. Untuk itu, pemetaan laut sangat diperlukan untuk memberikan manfaat yang lebih baik lagi,” ujarnya.

KASAL juga menambahkan bahwa sejak kecil, bangsa Indonesia selalu diajarkan bahwa sumber daya alam Indonesia melimpah. Namun yang harus diperhatikan adalah pengelolaan SDA yang masih belum memenuhi harapan. Dibandingkan dengan Jepang yang memiliki 30% praktisi kelautan, Indonesia hanya memiliki praktisi kelautan kurang lebih sebanyak 2,3 juta jiwa yang berarti hanya 1% dari populasinya.

Untuk itu, perlu diadakan kerja sama dengan pihak lain (LAPAN, BIG, BNPB, Universitas-Universitas di Indonesia, serta institusi terkait) untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Ia berharap, dapat ditingkatkan SDM praktisi kelautan hingga 5-10% dalam 10 tahun ke depan.

Penandatanganan PKS LAPAN-Pushidrosal dilakukan Sekretaris Utama LAPAN, I.L. Arisdiyo dan Kapushidrosal. Beberapa poin kerja sama yang akan dilakukan antara LAPAN dengan Pushidrosal adalah peningkatan kapasitas SDM di bidang hidro-oseanografi, memanfaatkan data hidro-oseanografi sesuai ruang lingkup kebutuhan dan pemanfaatan teknologi penginderaan jauh, data produk bathymetry untuk kepentingan aplikasi di bidang penginderaan jauh, serta melakukan publikasi dan diseminasi hasil kerja sama.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2018 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL