Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Mencari Calon Ilmuwan Muda melalui Komurindo – Kombat 2017
16 Aug 2017 • Dibaca : 4874 x ,

Ajang kompetisi bagi pelajar menjadi bekal LAPAN dalam mempersiapkan generasi muda yang ‘melek’ ilmu pengetahuan dan teknologi keantariksaan. Kompetisi Muatan Roket dan Roket Indonesia (Komurindo) ke-10 dan Kompetisi Muatan Balon Atmosfer (Kombat) ke-5 digelar pada tanggal 24 Agustus 2017 di Balai Uji Teknologi dan Pengamatan Antariksa dan Atmosfer Garut, Jl. Cilauteureun Pameungpeuk, Garut, Jawa Barat.

Tahun ini, LAPAN membuka kategori baru dari tiga jenis perlombaan yang diselenggarakan. Kategori baru tersebut adalah Wahana Sistem Kendali dengan tema Pengendalian Wahana Sistem Kendali Electric-Ducted-Fan (EDF) dalam Mencapai Sasaran secara Horizontal. Sementara kategori lainnya yaitu Muatan Roket dengan tema Pemantauan Grafis Sikap Luncur Roket Uji Muatan dalam Visualisasi Odometri Tiga Dimensi (3D odometry graphics visualization) dan Muatan Balon Atmosfer dengan tema Teknologi Muatan Balon untuk Observasi Atmosfer dan Maritim.

Komurindo sebagai wadah untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam melakukan rancang bangun dan pengujian muatan roket dan wahana sistem kendali roket. Selain itu, mahasiswa dapat mengasah kemampuannya di bidang teknologi penginderaan jauh, pengendalian, dan sistem otomasi robotika pada muatan roket.

Kombat diselenggarakan untuk memancing minat mahasiswa dalam mengembangkan ilmu dan perekayasaan teknologi pengamatan atmosfer dengan wahana balon. Peserta juga dapat mengembangkan instrumen pengamatan untuk penelitian atmosfer. Hal yang menarik, peserta dapat memperdalam pengujian sistem pengukuran atmosfer berbasis telemetri.

Generasi muda merupakan modal dasar untuk meningkatkan kapasitas SDM menuju kemandirian bangsa. Wawasan ilmu pengetahuan dari kegiatan tersebut bisa menjadi pengalaman mahasiswa dalam mengembangkan kreasi dan inovasinya di dunia keantariksaan. Mereka lah calon ilmuwan baru yang digadang LAPAN dapat meneruskan cita-cita LAPAN untuk mandiri di bidang penerbangan dan antariksa.

Tahun ini, total terdaftar 93 proposal dari calon peserta. Setelah melalui berbagai tahapan seleksi, lolos sejumlah tim yang terdiri dari 25 tim Wahana Sistem Kendali (WSK), 18 tim Muatan Roket, dan 30 tim Kombat.

Kompetisi tingkat mahasiswa se-Indonesia ini diselenggarakan LAPAN bekerja sama dengan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dan Pemerintah Kabupaten Garut. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-22, semarak Hari Keantariksaan Nasional, dan Hari Ulang Tahun ke-54 LAPAN.








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2018 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL