Kompetensi Utama

Layanan


Wapres RI Jusuf Kalla: Jadilah Orang Pintar yang Bersemangat!
Penulis Berita : Humas/Sgd • Fotografer : Humas/Sgd • 12 Aug 2017 • Dibaca : 4519 x ,

Kepala LAPAN, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin menjelaskan informasi tentang Sistem Embaran Maritim (SEMAR) kepada Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla.

Untuk pertama kalinya, agenda rutin tahunan Hakteknas digelar di luar pulau jawa. Rabu (10/08), Hakteknas ke-22 dihelat di Center Point of Indonesia, Makassar, Sulawesi Selatan. Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla. “Hari ini kita hadir di Hakteknas bukan hanya untuk merayakan, namun juga untuk menjaga terus semangat berinovasi,” ujarnya. Untuk itu ia menghimbau, “Jadilah orang pintar yang bersemangat!”

Menristekdikti, M. Nasir, dalam laporannya, mengatakan, tema Hakteknas tahun 2017 adalah “Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan” dengan subtema “Peran Sumber Daya Manusia dan Inovasi dalam Pembangunan Maritim Indonesia.”

Menko Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Puan Maharani menekankan pentingnya inovasi di bidang kemaritiman. “Indonesia berlimpah hasil maritimnya. Kita harus terus berinovasi agar hasilnya bisa tepat guna dan bermanfaat bagi rakyat Indonesia,” ungkapnya.

Sementara Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo menyampaikan rasa bangga masyarakat Makassar atas terpilihnya Kota Makassar sebagai tuan rumah puncak peringatan Hakteknas 2017. “Kami dan segenap warga sangat bangga. Dengan diselenggarakannya Hakteknas 2017 ini, Sulsel siap untuk menjadi pilar utama kemaritiman Indonesia,” ucapnya.

Hakteknas merupakan tonggak sejarah kebangkitan teknologi di Indonesia. Momentum tersebut diawali dengan penerbangan perdana pesawat terbang N-250 Gatotkaca pada tanggal 10 Agustus 1995 di Bandung. Untuk menyambutnya LAPAN mempunyai slogan sebagai penyemangat ‘LAPAN unggul Indonesia maju, LAPAN melayani Indonesia Mandiri’.

Peran LAPAN dalam sektor kemaritiman sudah termaktub dalam quickwins LAPAN poin pertama, yaitu Sistem Pemantau Maritim Berbasis Iptek Penerbangan dan Antariksa. Dalam stan pameran, LAPAN menampilkan miniature pesawat tanpa awak LSU-02 yang bermanfaat untuk pemantauan garis pantai dan pengintaian kapal. Selain itu ditampilkan juga bahan informasi tentang Sistem Embaran Maritim (SEMAR) untuk keselamatan pelayaran, Informasi Zona Potensi Penangkapan Ikan (ZPPI), dan Satelit LAPAN-A2/LAPAN-Orari dan LAPAN-A3/LAPAN-IPB untuk mendeteksi kapal dengan sensor Automatic Identification System (AIS).

Hadir dalam rangkaian acara sederet tokoh-tokoh penting, seperti Presiden RI Ketiga, BJ. Habibie, Menteri PMK, Puan Maharani, Menteri Koordinator Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan, Anggota DPR RI, Anggota DPD RI, para pimpinan daerah, Kepala Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK), duta besar negara sahabat, pimpinan perguruan tinggi, petani, nelayan, dan kurang lebih 2500 tamu undangan.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL