Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Dorong Peningkatan Layanan TI Guna Pengembangan Bidang Keantariksaan
Penulis Berita : Humas/CTJ • Fotografer : Humas/CTJ • 09 Aug 2017 • Dibaca : 896 x ,

Suasana Pembukaan acara dalam kegiatan IOT Business Platform Senin (07/08) di Jakarta

LAPAN tampil sebagai salah satu panelis dalam konferensi “Asia IOT Business Platform” ke-16 tanggal 7-8 Agustus 2017 di Jakarta. Kegiatan ini sebagai forum pertemuan industri telekomunikasi, Industri Teknologi Informasi (TI), dan institusi pemerintah. Forum digagas untuk bertukar informasi terkait penggunaan TI dan telekomunikasi terkini, serta berbagi pengalaman pengembangan produk dan aplikasi layanan.

Dalam dialog interaktif yang berlangsung, Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Standar Penerbangan dan Antariksa (Pustispan), Chusnul Tri Judianto, memaparkan peran LAPAN dalam pengembangan teknologi keantariksaan nasional. Ia juga menjelaskan hasil pengembangan layanan berbasis TI bidang keantariksaan. Layanan ini untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses informasi keantariksaan. “Kami mendorong peningkatan keandalan infrastruktur TI nasional agar proses adopsi teknologi IOT dapat berjalan dengan baik,” ujarnya.

Akhir-akhir ini, era digitalisasi telah mendorong hampir seluruh aktivitas masyarakat dalam berinteraksi terutama di daerah perkotaan. Mereka menggunakan internet sebagai sarana utama komunikasi. Teknologi IOT, kepanjangannya Internet of Thing, merupakan sistem yang saling terkait, baik perangkat komputasi, mesin mekanis dan digital, serta obyek. Termasuk orang-orang yang dilengkapi pengenal unik dan kemampuan untuk mentransfer data melalui jaringan. Sehingga, tanpa memerlukan adanya interaksi langsung antar manusia, juga antar manusia dengan mesin, teknologi ini semakin populer dan menjadi pilihan dalam membangun sistem kerja yang operasional. 

Kegiatan ini melibatkan kontribusi beberapa perusahaan telekomunikasi sepert Inmarsat, Indosat, AST, serta industri TI dari Indonesia, Taiwan, Singapura, dan Malaysia. Selain LAPAN, hadir pula institusi pemerintah lainnya seperti Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kegiatan ini didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. 


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL