Kompetensi Utama

Layanan


Kemajuan Teknologi LAPAN Semarakkan Pameran Bulan Dirgantara 2017
Penulis Berita : Humas/Nadiya • Fotografer : Humas/Restu • 20 Apr 2017 • Dibaca : 12033 x ,

Pengunjung Pameran Bulan Dirgantara mendapatkan penjelasan informasi hasil litbang LAPAN oleh Pemandu

LAPAN kembali berpartisipasi dalam rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI AU ke-71. Kamis (20/04), pembukaan Pameran Bulan Dirgantara 2017 diselenggarakan di Terminal Selatan Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta. Pameran tersebut berlangsung tanggal 20-23 April 2017. LAPAN menggelar stan promosi hasil litbang, antara lain produk satelit, roket, LAPAN Surveillance UAV (LSU), dan penginderaan jauh.

Dalam sambutannya, Kepala Staf TNI Angkatan Udara, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyampaikan, “Kegiatan ini bernuansa edukatif. Jadi masyarakat dapat melihat langsung kemajuan teknologi Angkatan Udara, hingga mendapat pengetahuan dan merasa bangga terhadap TNI AU.”

Setiap hari, kegiatan ini juga diramaikan dengan penampilan berbagai demo terbang seperti demo tim aerobatic, terjun payung, paramotor, tarik banner trike, dan sebagainya.

Dalam pemeran kali ini, LAPAN memperkenalkan kepada masyarakat kemajuan teknologi di bidang penerbangan dan antariksa. Beberapa tampilan mock up Satelit LAPAN-A3/LAPAN-IPB, LSU-02, dan layanan video informasi terkait penginderaan jauh, sains antariksa dan atmosfer, serta produk litbang LAPAN lainnya.

Satelit LAPAN-A3/LAPAN-IPB yang mengorbit pada 2016 telah dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Data yang diperoleh dari satelit tersebut telah digunakan untuk mendukung pemantauan lahan di wilayah Indonesia. Selain itu, satelit ini juga memantau wilayah perairan Indonesia yang dimanfaatkan untuk pemantauan pergerakan kapal yang melintas.

Sementara LSU-02 sebagai salah satu contoh produk teknologi penerbangan LAPAN yang berfungsi juga untuk pemantauan wilayah Indonesia. Pesawat tanpa awak ini mampu terbang secara autonomus dan melakukan berbagai misi Surveillance baik sipil maupun militer.

Melalui pameran ini, diharapkan dapat memberikan banyak informasi kepada masyarakat tentang kemajuan teknologi yang dikembangkan oleh anak bangsa. Sehingga masyarakat dapat memberikan apresiasi serta dukungannya demi perkembangan teknologi yang jauh lebih baik lagi. 


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL