Kompetensi Utama

Layanan


Teknologi LAPAN Dukung Keamanan Potensi Sumber Daya Laut di Indonesia
Penulis Berita : Humas/Rz • Fotografer : Humas/Rz • 18 Apr 2017 • Dibaca : 7660 x ,

Deputi Bidang Teknologi Penerbangan dan Antariksa, Dr. Rika Andiarti memberikan sambutan dalam acara penandatanganan naskah kerja sama LAPAN dan KKP

LAPAN selalu meningkatkan teknologi penerbangan dan antariksa untuk mendukung pembangunan nasional. Komitmen tersebut, salah satunya, bermanfaat untuk menjaga potensi sumber daya laut di Indonesia, terutama terkait pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan.

Hal ini diimplementasikan LAPAN dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), melalui penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Deputi Bidang Teknologi Penerbangan dan Antariksa, Dr. Rika Andiarti dan Dirjen Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (SDKP), Eko Djalmo, di Gedung Mina I, Kantor KKP, Jakarta, Selasa (18/04).

Dalam sambutannya, Rika menyampaikan, saat ini LAPAN memiliki teknologi satelit yang dibangun secara mandiri. Sebagaimana misi LAPAN-A2/LAPAN-Orari dan LAPAN-A3/LAPAN-IPB, membawa muatan multispectral imager dan dilengkapi Automatic Identification System (AIS). Muatan tersebut untuk memantau pergerakan kapal-kapal laut yang melintasi wilayah perairan Indonesia. Sistem penerimaan datanya terintegrasi dengan Pusat Pengendalian Ditjen SDKP.

Tak hanya itu, LAPAN memiliki aplikasi zona potensi penangkapan ikan (ZPPI) berbasis data citra satelit. Data tersebut dapat dimanfaatkan nelayan di beberapa wilayah di Indonesia sebagai pedoman untuk menangkap ikan.

Teknologi lainnya yaitu pesawat tanpa awak LAPAN Surveillance UAV (LSU). Teknologi ini dapat dimanfaatkan oleh KKP untuk melakukan pemantauan serta pengawasan wilayah perairan laut serta pemetaan garis pantai di Indonesia.

Menanggapi hal tersebut, Eko Djalmo berharap, agar kerja sama ini dapat mendukung misi KKP dalam upaya menjaga potensi sumber daya laut di Indonesia. Terutama, pengawasan sumber daya laut dan perikanan melalui teknologi penerbangan dan antariksa yang dimiliki LAPAN.

Hasil kolaborasi ini diharap dapat mewujudkan pemantauan segala aktivitas yang terjadi di perairan. Sehingga kejadian yang terjadi di Raja Ampat, misalnya, dapat dicegah dengan pengawasan yang lebih optimal.




Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL