Kompetensi Utama

Layanan


Ingin Pelajari Teknologi Satelit, PT. Reasuransi Indonesia Utama (Persero) dan Universitas Mercu Buana Kunjungi LAPAN
Penulis Berita : Humas/Ndy • Fotografer : Humas/Rst • 10 Mar 2017 • Dibaca : 3218 x ,

Kepala LAPAN beserta jajarannya menerima kunjungan Universitas Mercu Buana

PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero) dan Universitas Mercu Buana berkunjung ke kantor LAPAN Pusat, Jakarta, Jum’at (10/3) dalam selang waktu yang berbeda. Pertemuan pertama dengan PT Reasuransi Indonesia Utama dalam rangka agar LAPAN dapat membantu untuk memahami lingkungan antariksa dan pengaruhnya terhadap bumi.

Dalam pertemuan pagi itu, Kepala LAPAN, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin, sedikit menerangkan tentang satelit, aktivitas matahari dan proses terjadinya badai matahari, juga dampak pada bumi. Bahwa, badai matahari tidak akan membahayakan kehidupan manusia karena adanya medan magnet yang membelokkan Flare atau CME dan atmosfer/lapisan ozon yang melindungi bumi.

Dr. Rika Andiarti, Deputi Bidang Teknologi Penerbangan dan Antariksa, mengatakan kegiatan dalam program-program LAPAN memang cukup beresiko dan sejauh ini belum memiliki asuransi karena belum ada aturan dari pemerintah. Kocu A. Hutagalung, selaku Direktur PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero) memaparkan jika ingin menahan resiko pelucuran satelit lebih besar lagi kami harus mengerti produk tersebut itu seperti apa dan sebesar apa resikonya. Dengan demikian, informasi yang diberikan dari LAPAN akan sangat membantu.

Di akhir pertemuan, perihal dengan pembahasan kerjasama akan dikoordinasikan dengan Kepala Biro Kerjasama Humas dan Umum, Chris R. Dewanto.

Selanjutnya, pertemuan kedua dengan pihak Universitas Mercu Buana (UMB). Pihak Universitas Mercu Buana tertarik untuk ikut serta dalam program pengembangan satelit milik LAPAN. Perguruan Tinggi di Indonesia memang banyak sekali yang berminat untuk bekerja sama dalam mengembangkan teknologi penerbangan dan antariksa, sebut saja, Institut Teknologo Bandung (ITB), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Universitas Hasanuddin (Unhas), Surya University, dsb nya.

Prof. Dr. Thomas Djamaluddin membuka diskusi dengan mengenalkan empat kompetensi utama LAPAN. Kompetensi tersebut adalah sains antariksa dan atmosfer, penginderaan jauh, teknologi penerbangan dan antariksa, serta kajian kebijakan penerbangan dan antariksa.

Selanjutnya, beliau menjelaskan tentang tujuh program utama LAPAN. Salah satunya, pengembangan teknologi satelit yang menjadi tujuan utama pihak Universitas Mercu Buana melakukan kunjungan. Pertemuan diselingi dengan sesi diskusi.
Kunjungan ini diakhiri dengan sesi foto bersama dan pemberian cinderamata dari pihak Universitas Mercu Buana kepada LAPAN.


PT. Reasuransi Indonesia Utama (Persero) berdiskusi dengan LAPAN


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL