Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Mencari Bibit Unggul Bidang Antariksa melalui LAPAN Debate Competition
09 Nov 2016 • Dibaca : 14293 x ,

LAPAN Debate Competition, untuk pertama kalinya digelar LAPAN dalam upaya mendorong peningkatan generasi muda yang cinta bidang keantariksaan. Kompetisi bertemakan “LAPAN DEBATE: Space Technology as Key Role in National Development, High Risk, High Cost, High Tech” diselenggarakan Rabu, 09 November 2016 di Kantor LAPAN Pusat, Jalan Pemuda Persil Nomor 1 Rawamangun, Jakarta Timur. Kegiatan diikuti oleh para pelajar SMA/SMK se-Jabodetabek.

Kegiatan debat dikemas dengan menggunakan bahasa inggris, menjadi pondasi awal dalam menjaring minat generasi muda yang maju dengan kemampuan ilmu pengetahuannya untuk menyerap perkembangan teknologi. Mengingat di era globalisasi sekarang ini, penguasaan bahasa asing merupakan hal yang penting untuk menunjang kesuksesan. Bahasa Inggris adalah bahasa Internasional, yang perlu dipelajari dan dikuasai dalam kegiatan pembelajaran. 

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian program edukasi keantariksaan yang dibangun LAPAN untuk menginspirasi masyarakat Indonesia dalam memperdalam wawasan tentang pentingnya pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi keantariksaan untuk kemajuan dan kemakmuran bangsa Indonesia. 

Berbagai macam aplikasi teknologi keantariksaan bermanfaat untuk berbagai sektor, antara lain komunikasi, transportasi, keperluan dunia usaha, perbankan, eskplorasi sumber daya mineral dan geologi, pertahanan keamanan, pertanian, dan mitigasi bencana alam. Contoh pemanfaatannya adalah data satelit yang diorbitkan di angkasa luar yang dimanfaatkan oleh manusia antara lain untuk berkomunikasi jarak jauh, pemantauan iklim dan cuaca, mitigasi bencana, dan sebagainya. 

Hasil pelaksanaan kompetisi ini menjadi salah satu media layanan LAPAN dalam menumbuhkan generasi muda yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi antariksa. Sebab, teknologi antariksa kerap dijadikan barometer kemajuan bangsa. Nilai tambahnya, negara yang menguasai teknologi tersebut akan disegani oleh bangsa-bangsa di dunia. 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL