Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Gandeng Universitas Guna Menjawab Problema dan Tantangan Kebijakan dan Regulasi Penerbangan dan Antariksa
19 Oct 2016 • Dibaca : 3171 x ,

Masih banyak masyarakat yang belum memahami arti penting iptek penerbangan dan antariksa untuk menunjang peningkatan kesejahteraan masyarakat. LAPAN sesuai dengan tugas dan fungsinya terus berupaya mengembangkan dan menguasai iptek penerbangan dan atariksa menuju kemandirian. Upaya tersebut perlu diikuti dengan pengembangan kebijakan dan regulasi yang jelas, sehingga tidak berpotensi menimbulkan konflik baik di level nasional maupun internasional. Pembahasan terkait kebijakan dan regulasi di bidang ini perlu terus ditingkatkan untuk menjawab problema dan tantangan mengingat begitu cepatnya perkembangan iptek penerbangan dan antariksa.

Keberadaan Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2013 tentang Keantariksaan mengharuskan LAPAN untuk segera menyiapkan berbagai peraturan pelaksanaannya serta berbagai kebijakan yang akan digunakan sebagai landasan bagi penyelenggaraan kegiatan keantariksaan di Indonesia. Salah satu amanat UU No. 21/2013 adalah bahwa LAPAN harus membangun dan mengoperasikan bandar antariksa. Untuk melaksanakan amanat tersebut perlu dilakukan kajian ditinjau dari berbagai aspek baik yang menyangkut teknis maupun non-teknis seperti aspek-aspek sosio-ekonomi, politik, budaya, hukum dan pertahanan keamanan. Di bidang penerbangan, berbagai kebijakan dan regulasi juga masih harus dikembangkan diantaranya pengaturan pengoperasian pesawat tanpa awak.

Disamping itu, terkait dengan penyelenggaraan keantariksaan nasional tentunya tidak terlepas dari berbagai isu internasional yang apabila tidak dicermati dan diantisipasi berpotensi menghambat atau membatasi upaya Indonesia untuk terus mengembangkan kemampuannya di bidang iptek penerbangan dan antariksa.

Kondisi ini mendorong LAPAN khususnya Pusat Kajian Kebijakan Penerbangan dan Antariksa (PusKKPA) untuk terus melakukan berbagai kajian kebijakan strategis dalam upaya mengoptimalkan peran dan tugas LAPAN dan pihak-pihak terkait lainnya di dunia penerbangan dan antariksa nasional.

Guna mensosialisasikan hasil-hasil kajian serta menggali masukan dari berbagai kalangan, maka LAPAN bekerja sama dengan Universitas Atmajaya Yogyakarta, menyelenggarakan Seminar Nasional bertemakan “Pengembangan Kebijakan dan Regulasi Nasional Penerbangan dan Antariksa: Problema dan Tantangan”. Kegiatan ini akan diselenggarakan pada Hari Kamis, 20 Oktober 2016 di Kampus III Universitas Atmajaya Yogyakarta, Jl. Babarsari No. 43 Yogyakarta. Kegiatan dilaksanakan sebagai bagian dari event Hari Keantariksaan yang jatuh pada tanggal 06 Agustus 2016, Dies Natalis ke-51 Universitas Atmajaya, dan HUT ke-53 LAPAN.

Kegiatan ini menghadirkan berbagai narasumber di bidang penerbangan dan antariksa yang berasal dari kalangan praktisi, kampus, LSM, maupun para peneliti PusKKPA-LAPAN. Diskusi di dalamnya akan melibatkan klaborasi para ahli yang langsung berkecimpung di dunia penerbangan dan keantariksaan maupun akademisi yang memiliki kepakaran di bidang tersebut. Untuk memperkuat sinergitas, pada kesempatan ini juga akan diselenggarakan penandatanganan naskah kerja sama antara LAPAN dengan Universitas Atmajaya Yogyakarta.












Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL