Kompetensi Utama

Layanan


Negara ASEAN Bahas Pertukaran Data untuk Tangani Bencana
17 Apr 2016 • Dibaca : 28144 x ,

Bencana yang diakibatkan oleh alam maupun non alam merupakan permasalahan global. Hal ini disebabkan, kebencanaan berkaitan erat dengan masalah kemanusiaan dan memiliki dampak yang menyangkut berbagai aspek. Untuk itu, berbagai negara terus menjalin kerja sama dalam pencegahan, mitigasi, dan penanggulangan bencana. Tujuannya yaitu guna mengurangi risikonya terhadap kehidupan manusia.

Kebencanaan ini juga menjadi perhatian bagi negara-negara di ASEAN (persatuan negara-negara di kawasan Asia Tenggara). Seluruh negara menyadari bahwa penanganan bencana tidak dapat dilakukan sendiri, tentunya diperlukan kerja sama dengan negara lain terutama negara tetangga dalam menanggulanginya.

Contohnya yaitu, ketika terjadi tsunami di Indonesia pada 2004, berbagai negara turut membantu, bukan hanya bantuan logistik, pada saat bencana tersebut juga diperlukan berbagai data untuk membuat kebijakan penanganannya. Data tersebut salah satunya berasal dari teknologi antariksa. Begitupun dengan bencana badai Haiyan di Filipina beberapa waktu silam, Indonesia juga memberikan bantuan data satelit bagi penanganan bencana di negara itu.

Pertukaran data dan informasi terkait bencana ini sangat penting bagi mitigasi dan penanganan bencana yang menyeluruh. Untuk itu, LAPAN akan menyelenggarakan 4th ASEAN Workshop on Simulation Exercise on Procesural Guidelines for Sharing Space Based Information During Emergency Response. Workshop berlangsung pada Selasa, 19 April 2016, di Hotel Golden Flower Savero, Jl. Pajajaran No. 27, Bogor, Jawa Barat.

Workshop ini bertujuan agar negara-negara ASEAN dapat mencoba berlatih melaksanakan Standard Operational Procedure (SOP) pertukaran data dan informasi pada kondisi tanggap darurat bencana. Tujuan SOP tersebut yaitu untuk meningkatkan produk dan layanan berbasis penginderaan jauh untuk mendukung kegiatan tanggap darurat, serta untuk menyampaikan informasi yang tepat kepada orang dan waktu yang tepat. Dalam workshop ini, SOP tersebut akan dievaluasi dan diuji coba penerapannya di negara-negara ASEAN.

Kegiatan ini merupakan kerja sama antara LAPAN dengan United Nations Platform Space-Based Information for Disaster Management and Emergency Response (UN-SPIDER), United Nations Economic and Social Commision for Asia and The Pacific (UNESCAP), United Nations Institute for Training and Research (UNITAR), United Nations Operational Satellite Applications Programme (UNOSAT), dan ASEAN Coordinating Center for Humanitarian Assistance on Disaster Management (AHA Center). Acara ini akan diikuti oleh perwakilan lembaga terkait penanganan bencana dan teknologi antariksa di negara ASEAN.








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL