Kompetensi Utama

Layanan


Kerja Sama Lapan-Dirjen Pajak Citra Satelit Dapat Menggali Potensi Perpajakan
06 May 2013 • Dibaca : 32516 x ,

Citra satelit penginderaan jauh ternyata tak hanya bermanfaat untuk perencanaan tata kota dan mitigasi bencana. Data tersebut berpotensi untuk meningkatkan pendapatan negara melalui pajak.

Bagaimana caranya? Penginderaan jauh dapat memberikan solusi bagi penghitungan nilai objek pajak yang ada di permukaan bumi Indonesia. Melalui sistem informasi geografis, luas suatu wilayah, lahan, ataupun bangunan dapat dengan mudah diketahui.

Untuk itulah, Lapan dan Direktorat Jenderal (Dirjen) Pajak Kementerian Keuangan akan menandatangani naskah kesepakatan bersama dalam pemanfaatan teknologi kedirgantaraan untuk penggalian potensi perpajakan. Naskah akan ditandatangani oleh Kepala Lapan, Bambang S. Tejasukmana dan Direktur Jenderal Pajak, A. Fuad Rahmany, pada Selasa 7 Mei 2013 di Balai Pertemuan Dirgantara Lapan, kantor pusat Lapan, Rawamangun, Jakarta Timur.

Dalam kerja sama ini, kedua instansi sepakat untuk mengoptimalkan pemanfaatan teknologi kedirgantaraan dalam rangka penggalian potensi perpajakan. Ruang lingkup kerja sama ini juga meliputi dukungan pelaksanaan litbang kedirgantaraan dalam bidang perpajakan.

Dengan menggunakan citra satelit penginderaan jauh, Dirjen Pajak antara lain dapat lebih mudah dalam melakukan audit terhadap perkebunan, pertambangan, dan bangunan. Citra satelit tersebut akan memberikan data secara akurat mengenai luas lahan-lahan tersebut sehingga mempermudah dan membantu dalam penghitungan dan pemeriksaan pajak.

Pemanfaatan sistem informasi geografis ini akan sangat meningkatkan kualitas data yang dimiliki oleh Dirjen Pajak. Dengan demikian, Dirjen Pajak dapat mengetahui dengan lebih akurat mengenai besarnya pajak bagi para wajib pajak.



Narahubung:
Kepala Bagian Hubungan Masyarakat, Dra. Elly Kuntjahyowati, MM. (Hp. 08121395211 dan 021-70292329)








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL